HOME
Home » Artikel Maag » Sayuran Yang Aman Dan Tidak Aman Untuk Penderita Maag Kronis

Sayuran Yang Aman Dan Tidak Aman Untuk Penderita Maag Kronis

Posted at December 24th, 2017 | Categorised in Artikel Maag

PENTING !
Sebenarnya ada cara mudah untuk mengobati penyakit maag, sayangnya ... banyak orang lebih suka mencob - coba semua tips, dan tidak mau bertanya kepada orang yang memiliki pengalaman sembuh dari penyakit maag.
>>> Klik CARA MENGATASI PENYAKIT MAAG

sayuran untuk penderita penyakit maagSayuran untuk penderita maag kronis. Berikut ini adalah jenis sayuran yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi penderita maag dan asam lambung.

Siapapun setuju, penyakit maag adalah jenis penyakit yang sulit disembuhkan total, namun demikian bukan berarti penyakit maag tidak dapat disembuhkan. Keberhasilan dalam mengendalikan maag itulah yang membuat seseorang sembuh dari penyakit maag dengan tuntas. Hal ini termasuk dalam menjaga pola makan, bahkan sayuran pun tidak boleh sembarangan. Jenis sayuran untuk penderita maag kronis harus mendapatkan perhatian serius karena efeknya akan langsung terasa.

Terkadang kita tidak memperhatikan apakah sayuran yang kita konsumsi aman untuk penyakit maag atau tidak. Ada banyak cara mengatasi maag memang, namun pemilihan cara yang tepat itulah yang menentukan keberhasilan dalam mengobati penyakit maag. Disamping itu, kesembuhan yang didapat jika tidak dibarengi dengan pola diet maag yang benar ( termasuk sayuran untuk penderita maag ) juga membuat penyakit maag kambuh kembali. Inilah yang membuat seseorang menjadi putus asa dan mengatakan bahwa penyakit maag itu tidak dapat disembuhkan.

Kembali ke masalah jenis sayuran untuk penderita penyakit maag, intinya sayuran yang aman adalah tidak bertekstur kasar, lembut untuk pencernaan, tidak merangsang timbulnya gas, dan yang penting adalah rasa sayuran ketika dimakan itu tidak asam dan tidak pedas. Jika kita dapat menjaga apa yang kita konsumsi, tentu gejala penyakit maag tidak akan terasa lagi.

SAYURAN YANG AMAN DAN BOLEH DIKONSUMSI OLEH PENDERITA MAAG

Untuk dapat sembuh dari penyakit maag secara tuntas, tentu kita harus memahami apa yang dianjurkan dan apa yang harus dihindari, termasuk dalam hal jenis sayuran. Berikut ini adalah jenis sayuran yang aman dan boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit maag :

  • Bayam Cabut : Zat besinya banyak, tapi bagi yang asam urat tinggi, sebaiknya menghindari sayuran yang hijau-hijau, terutama bayam dan daun singkong. Pilih bayam cabut, yang hijau lebih baik daripada bayam cabut yang batangnya putih (yang batangnya putih, keras jika dimakan lambung akan sakit). Memasaknya sebaiknya ambil daunnya aja dan 2 potong ujung batang yang paling atas, pucuk dan 1 potong di bawahnya, selebihnya sudah tidak aman untuk lambung.
  • Wortel : Kaya akan kandungan vitamin A. Selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan masker alami , wortel juga bagus untuk dikonsumsi penderita maag. Pilih wortel yang dagingnya tebal, yang isinya belum keras. Memilih wortel yang bagus gampang, jika dipegang lembut ditangan insya Allah wortelnya juga empuk kalau dimasak.
  • Labu siam : Ambil labu siam yang usianya sedang (bukan yang muda sekali dan bukan yang tua). Yang muda sekali bisa menurunkan tekanan darah, yang tua keras di lambung, jadi pilih labu siam yang sedang saja. Ciri-ciri labu siam yang sedang, kulitnya masih lembut dan belum keluar duri-duri pada kulitnya.
  • Kentang : Pilih kentang yang lama, yang kering serta mulus kulitnya, warnanya bagus menyenangkan. Kentang seperti inilah kentang yang sehat. Dimasak untuk orang sakit maag sangat bagus, mengenyangkan dan aman karena teksturnya lembut. Kecuali itu makan masakan dari kentang, akan bisa mencegah dari sembelit atau susah BAB, hal yang sering dialami oleh orang sakit maag. Kentang yang baru dipanen kulitnya masih kelihatan basah, ini tidak baik dikonsumsi karena kandungan pestisidanya sangat banyak. Kentang lama kulitnya kering, bersih ini kentang yang baik untuk dimasak. Karena kandungan pestisidanya sudah tak begitu banyak. Kentang yang kulitnya sudah kehijauan, jangan dipilih. Kentang seperti ini, sudah banyak mengandung racun. Jika dimasak, apalagi bagi yang sakit lambung, bisa sehabis makan, tiba-tiba terasa mau pingsan keluar keringat dingin yang sangat tidak mengenakkan.
  • Labu Panjang : Labu yang bentuknya panjang, bagus bagi orang sakit maag, hampir seperti labu siam, jika dimasak cepat empuk dan tidak menyebabkan sakit pada lambung.
  • Sawi Sendok : Sawi yang bentuk batangnya seperti sendok. Daunnya hijau tua dan batang daunnya hijau muda. Sawi ini lembut jika dimasak, dan tidak menyebabkan sakit pada lambung… Daun ketela rambat : Boleh dimakan hanya daunnya saja, namun batang daunnya jangan ditelan, ini akan menyebabkan lambung sakit.

SAYURAN YANG TIDAK AMAN UNTUK PENDERITA MAAG

Di atas adalah sayuran untuk penderita maag yang aman, sebaliknya …. kita juga harus tahu sayuran tang tidak aman untuk penderita penyakit maag, agar dapat kita hindari. Berikut ini adalah sayuran yang tidak aman untuk penderita maag :

  • Daun Singkong : Daun ini sangat tinggi kandungan vit A-nya, sayang daunnya kasar, meski sudah direbus cukup lama, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi orang yang sakit maag, karena jika dimakan akan membuat lambung benar-benar kesakitan, mungkin terjadi luka baru yang akan lama sembuhnya.
  • Kacang panjang : Kacang panjang ini sangat enak disayur apapun, namun tidak cocok dikonsumsi untuk orang maag, karena teksturnya kasar, sehingga menyebabkan perut begah dan penuh sepanjang hari.
  • Daun Sawi : Daun sawi, baik yang putih maupun yang hijau, adalah sayuran yang enak untuk ditumis. Namun seratnya sangat kasar, sehingga tidak cocok untuk sakit maag karena bisa menyebabkan lambung sakit.
  • Daun kangkung : Daun kangkung enak sekali dimasak tumis dengan lombok sedang-sedang saja, atau dibuat sayur bobor dengan santan tidak begitu kental. Tapi sangat tidak baik dimakan oleh orang sakit maag, karena kita bisa kejang usus, atau perut melilit bagai diplintir-plintir. Keluhan ini bisa berlangsung hingga berhari-hari.
  • Daun Lembayung : Daun lembayung ini sebenarnya sangat kaya kandungan vit A-nya, namun sangat tidak baik dikonsumsi oleh orang sakit maag, karena daunnya kasar, dan batang daunnya tidak bisa lunak. Jika dimakan orang sakit maag, akan menyebabkan perut sakit hingga waktu lama bahkan berhari-hari.

SUP YANG BAGUS UNTUK PENDERITA SAKIT MAAG

Berikut ini kami sajikan salah satu resep makanan yang bagus untuk penderita maag. Kali ini yang akan saya sampaikan adalah sup kentang dan bayam.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:

  • 1 ikat bayam, dicuci dan dipotong-potong jadi kecil (350 gram)
  • 1 liter kaldu sayur
  • 1 kentang ukuran medium, potong-potong
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1 tomat, buang kulitnya
  • Garam untuk penyedap rasa

Cara membuatnya:

  • Panaskan minyak goreng dengan api kecil,
  • Tumis potongan kentang, daging tomat, dan bayam. Taburkan garam secukupnya
  • Tambahkan sedikit saus yang kamu dapat dari tumisan tadi dengan kaldu sayur. Didihkan.
  • Campurkan tumisan dengan kaldu sayur dan santap selagi hangat.

Sebagai tambahan, berikut ini saya tambahkan juga resep susu kunyit untuk minumannya :

Bahan membuat susu kunyit :

  • Bubuk kunyit / kunyit seukuran seperempat kelingkingmu, lalu dihaluskan
  • 1/2 cangkir air
  • 1 cangkir susu
  • Serbuk pala (jika ada)
  • madu untuk penambah rasa

Cara membuatnya:

  • Didihkan air dan bubuk kunyit di panci kecil dengan api sedang selama 8 menit
  • Di panci yang terpisah, panaskan susu. Matikan api setelah susu mendidih
  • Campurkan kedua bahan tersebut dan tambahkan madu sebagai pemanis rasa


Related Post to Sayuran Yang Aman Dan Tidak Aman Untuk Penderita Maag Kronis

pantangan sakit maag

Pantangan Sakit Maag Yang Wajib Dihindari

Posted at March 11, 2017

Pantangan sakit maag. Mengalami serangan penyakit maag memang dihadapkan pada kondisi yag serba salah, di satu pihak kita ingin tetap menjaga... Read More

hubungan rokok dengan asam lambung dan penyakit maag maag

Hubungan Merusak Antara Rokok Dengan Asam Lambung Dan Maag

Posted at February 25, 2017

Hubungan rokok dengan asam lambung. Merokok sudah menjadi gaya hidup, sebagaian besar masyarakat dunia adalah perokok. Himbauan pemerintah tentang bahaya merokok,... Read More

penyebab maag

Penyebab Penyakit Maag Ini Wajib Anda Hindari

Posted at December 20, 2016

Penyebab Penyakit Maag Ini Wajib Anda Hindari Jika Tidak Ingin Terserang Penyekit Maag Penyebab maag. Yang namanya penyakit maag semua orang... Read More

gejala penyakit maag

Ciri Tanda Gejala Penyakit Maag Yang Luput Dari Perhatian

Posted at December 6, 2016

Gejala penyakit maag. Jika mengulas tentang penyakit yang satu ini rasanya buat teman – teman sekalian sudah tidak asing lagi, karena... Read More

perbedaan penyakit maag dengan asam lambung

Mengenal Perbedaan Penyakit Maag Dengan Asam Lambung

Posted at February 17, 2016

Maag dan asam lambung, keduanya adalah istilah penyakit yang berhubungan dengan  lambung yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena... Read More


error: Content is protected !!