HOME
Home » Artikel Maag » Penyebab Penyakit Maag Ini Wajib Anda Hindari

Penyebab Penyakit Maag Ini Wajib Anda Hindari

Posted at December 20th, 2016 | Categorised in Artikel Maag

PENTING !
Sebenarnya ada cara mudah untuk mengobati penyakit maag, sayangnya ... banyak orang lebih suka mencob - coba semua tips, dan tidak mau bertanya kepada orang yang memiliki pengalaman sembuh dari penyakit maag.
>>> Klik CARA MENGATASI PENYAKIT MAAG

Penyebab Penyakit Maag Ini Wajib Anda Hindari Jika Tidak Ingin Terserang Penyekit Maag

Penyebab maag. Yang namanya penyakit maag semua orang pasti sudah pernah mendengar dan paling tidak sudah memahami bagaimana gejala penyakit maag tersebut. Seperti halnya jenis penyakit yang lain, penyakit maag bisa timbul karena pola hidup yang tidak sehat sehingga menyerang organ lambung. Untuk dapat menghindarinya tentu kita harus mengenali hal apa saja yang menjadi penyebab maag sehingga kita dapat melakukan usaha pencegahan.

Mungkin kita sering mendengar perkataan orang tua bahwa penyebab penyakit maag adalah karena kita sering terlambat makan. Pendapat seperti itu pun tidak salah karena itu merupakan bentuk pola makan yang tidak teratur. Lebih dari itu, penyebab maag sebenarnya merupakan beberpa faktor yang tidak berdiri sendiri atau suatu kondisi yang saling berkaitan satu sama lain.

Berikut ini adalah beberapa penyebab penyakit maag yang perlu kita ketahui sehingga akan lebih mudah bagi kita untuk mencegah penyakit maag. Penyebab maag paling tidak meliputi hal – hal berikut ini :

  • Bakteri Helicobacter pylori
    Penyebab sakit maag yang pertama adalah karena adanya bakteri bernama helicobacter pylori. Bakteri helicobacter pylori ini bisa menyebabkan peradangan atau iritasi pada lambung sehingga menyebabkan maag kronis yang jika tidak segera diobati akan semakin parah dan menjadi kanker lambung.
  • Makan tidak teratur
    Penyebab sakit maag yang kedua adalah karena makan tidak teratur. Makan tidak teratur menyebabkan kekosongan pada jam-jam makan. Dimana pada saat itu lambung telah bersiap untuk mengeluarkan asam lambung guna melakukan pencernaan makanan. Kekosongan yang terjadi dilambung menyebabkan asam lambung tersebut mengenai dinding-dinding lambung dan menyebabkan peradangan atau iritasi dan menjadi sakit maag.
  • Beban pikiran, stres dan gangguan emosional
    Penyebab sakit maag yang selanjutnya adalah adanya beban pikiran, stres maupun gangguan emosional. Beban pikiran, stres maupun gangguan emosional memicu tubuh untuk memproduksi asam lambung secara berlebih. Produksi asam lambung yang berlebih inilah yang menyebabkan peradangan dan menyebabkan sakit maag.
  • Merokok dan mengkonsumsi alkohol
    Penyebab sakit maag yang berikutnya adalah merokok dan mengkonsumsi alkohol. Rokok dan alkohol tidak hanya buruk bagi kesehatan, namun juga memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan lambung, terutama menyebabkan sakit maag dan penyakit gangguan lambung lainnya.
  • Kelelahan, kurang tidur dan insomnia
    Kelelahan, kurang tidur dan insomnia menjadi penyebab sakit maag selanjutnya. Salah satu penyebab naiknya asam lambung adalah karena aktivitas yang padat. Kelelahan terjadi karena aktivitas yang padat sehingga dapat memicu naiknya produksi asam lambung. Selain itu produksi asam lambung juga relative meningkat di malam hari. Itulah mengapa orang yang mengalami kurang tidur atau insomnia lebih beresiko terserang penyakit maag.
  • Mengkonsumsi obat-obatan berbahaya
    Penyebab sakit maag berikutnya adalah mengkonsumsi obat-obatan berbahaya. Obat-obatan berbahaya seperti narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Salah satunya berbahaya bagi kesehatan lambung serta dapat menyebabkan sakit maag.
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan produksi asam lambung
    Penyebab sakit maag selanjutnya adalah karena mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. Makanan seperti makanan pedas, makanan asam, makanan berlemak, minuman berkafein dan berkarbon merupakan contoh makanan yang dapat meningkatkan produksi asam lambung yang harus Anda waspadai agar terhindar dari sakit maag.
  • Makan dengan porsi yang banyak
    Makan dengan porsi yang banyak menjadi penyebab sakit maag yang selanjutnya. Makan dengan prosi yang banyak dapat memberikan tekanan pada lambung sehingga dapat menyebabkan makanan terdorong naik kembali ke kerongkongan.
  • Makan antara 2-3 jam sebelum tidur
    Penyebab sakit maag yang terakhir adalah makan antara 2-3 jam sebelum tidur. Makanan setidaknya memerlukan waktu sekitar 3-4 jam didalam perut untuk selanjutnya dicerna oleh lambung dan enzim-enzim lambung. Itulah mengapa orang yang makan 2-3 jam sebelum tidur lebih beresiko terkena sakit maag.

Disamping hal – hal yang dapat menjadi penyebab penyakit maag, beberapa jenis makanan berikut ini juga dapat menjadi penyebab sakit maag sehingga kita dapat menghindari makanan tersebut. Hal tersebut dapat mengurangi risiko terkena penyakit maag. Makanan penyebab maag antara lain :

  • Makanan yang digoreng
    Makanan tinggi lemak seperti gorengan, membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Semakin lama ia berada di perut Anda, semakin banyak asam lambung diproduksi yang akhirnya akan mengambil lebih banyak ruang di perut Anda. Karena perut dipenuhi oleh banyak makanan, makanan Anda akan meluap sampai ke kerongkongan. Hal ini akan menyebabkan gejala gangguan asam lambung dan maag. Gorengan termasuk kentang goreng, ayam goreng, donat, dan keripik kentang.
  • Makanan asam
    Meskipun buah memiliki banyak manfaat kesehatan, kadang-kadang mereka dapat memicu asam lambung. Banyak buah mengandung kadar asam yang tinggi. Keluarga buah jeruk termasuk lemon, jeruk, dan tomat mengandung asam yang dapat mengganggu keseimbangan pH di perut Anda. Buah-buahan dan sayuran dapat menambah keasaman dan menyebabkan gejala maag.
  • Kopi dan minuman berkarbonasi
    Jika Anda sering bermasalah dengan gangguan asam lambung, kebiasaan minum kopi sebaiknya dikurangi, kalau belum bisa ditinggalkan sama sekali. Selain kopi, minuman berkarbonasi seperti soda juga bisa merangsang naiknya asam lambung ke kerongkongan yang menyebabkan nyeri perut atas.
  • Makanan pedas
    Jika Anda menyukai makanan pedas namun Anda memiliki maag, kami punya kabar buruk. Ini saatnya untuk menjauhkan botol sambal. Makanan pedas dapat menambah penumpukan asam dan menyebabkan naiknya asam lambung. Untuk mencegah gejala maag, lebih baik menghindari cabai dan saus pedas.
  • Alkohol
    Anda mungkin sudah tahu bahwa alkohol tidak baik bagi kesehatan, tapi kami ingin menyebutkan lagi bahwa alkohol akan memperburuk refluks asam lambung. Alkohol meningkatkan asam lambung dalam perut Anda dan membuat tubuh Anda dehidrasi.
  • Cokelat
    Saya juga sedih seperti Anda. Tetapi cokelat memang dikenal sebagai pemicu gejala refluks asam lambung. Cokelat mengandung senyawa yang disebut theobromine yang menyebabkan otot esophageal sphincter mengendur, yang memungkinkan asam mengalir sampai kerongkongan.

Penyebab penyakit maag sebenarnya memang sederhana, namun ingat!!!  ketika kita terserang penyakit maag … obatnya tidak sederhana alias sulit sekali mengobatinya dengan tuntas.

Namun anda tidak perlu khawatir, penyakit maag dapat diobati secara alami dan tuntas, jika saat ini ada merasakan adanya gejala penyakit maag, atau sedang mengalami maag yang tak kunjung sembuh, pelajari CARA MENGATASI PENYAKIT MAAG



Related Post to Penyebab Penyakit Maag Ini Wajib Anda Hindari

pantangan sakit maag

Pantangan Sakit Maag Yang Wajib Dihindari

Posted at March 11, 2017

Pantangan sakit maag. Mengalami serangan penyakit maag memang dihadapkan pada kondisi yag serba salah, di satu pihak kita ingin tetap menjaga... Read More

hubungan rokok dengan asam lambung dan penyakit maag maag

Hubungan Merusak Antara Rokok Dengan Asam Lambung Dan Maag

Posted at February 25, 2017

Hubungan rokok dengan asam lambung. Merokok sudah menjadi gaya hidup, sebagaian besar masyarakat dunia adalah perokok. Himbauan pemerintah tentang bahaya merokok,... Read More

gejala penyakit maag

Ciri Tanda Gejala Penyakit Maag Yang Luput Dari Perhatian

Posted at December 6, 2016

Gejala penyakit maag. Jika mengulas tentang penyakit yang satu ini rasanya buat teman – teman sekalian sudah tidak asing lagi, karena... Read More

perbedaan penyakit maag dengan asam lambung

Mengenal Perbedaan Penyakit Maag Dengan Asam Lambung

Posted at February 17, 2016

Maag dan asam lambung, keduanya adalah istilah penyakit yang berhubungan dengan  lambung yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, karena... Read More

Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

Manfaat Kentang Untuk Kesehatan

Posted at February 15, 2016

Manfaat kentang tidak terbatas sebagai bahan untuk sayur – mayur, lebih dari itu kentang dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar untuk membuat... Read More


You might also likeclose
error: Content is protected !!