HOME
Home » Artikel Maag » Pantangan Sakit Maag Yang Wajib Dihindari

Pantangan Sakit Maag Yang Wajib Dihindari

Posted at March 11th, 2017 | Categorised in Artikel Maag

PENTING !
Sebenarnya ada cara mudah untuk mengobati penyakit maag, sayangnya ... banyak orang lebih suka mencob - coba semua tips, dan tidak mau bertanya kepada orang yang memiliki pengalaman sembuh dari penyakit maag.
>>> Klik CARA MENGATASI PENYAKIT MAAG

Pantangan sakit maag. Mengalami serangan penyakit maag memang dihadapkan pada kondisi yag serba salah, di satu pihak kita ingin tetap menjaga kebugaran tubuh dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, di sisi lain tidak jarang justru dapat membuat sakit maag semakin memburuk. Ternyata ada beberapa jenis pantangan sakit maag yang harus dihindari oleh penderitanya.

pantangan sakit maag

Pantangan sakit maag tidak hanya makanan, namun hal – hal lain yang termasuk dalam pola hidup yang tidak sehat juga harus dihindari, karena inilah awal mula dan sebagai penyebab penyakit apapun. Dari segi makanan, ada beberapa jenis makanan yang memang menjadi pantangan dan harus dihindari oleh penderita penyakit maag.

Berikut ini adalah beberapa jenis pantangan sakit maag, naik itu berupa makanan pantangan maupun pantangan maag jenis lainnya :

    • Begadang. Kurang tidur mengakibatkan penurunan kemampuan fungsi – fungsi organ tubuh sehingga lebih rentan terhadap serangan penyakit, termasuk penyakit maag. Ini membuat penyakit maag menjadi sulit untuk diobati.
    • Kurang istirahat. Kondisi ini akan membuat kerja lambung menjadi lebih keras, sehingga lebih mudah terkena penyakit lambung termasuk maag.
    • Terlalu banyak pikiran. Ini juga merupakan pantangan sakit maag yang sudah dikenal. Terlalu banyak pikiran terbukti membuat penyakit maag semakin memburuk.
    • Makanan olahan. Para dokter di University of Maryland Medical Center merekomendasikan agar pasien dengan gastritis (maag) menghindari makanan olahan yang mengandung gula (selain lemak trans). Roti putih, mie, dan pasta merupakan contoh jenis makanan olahan yang sanggup mengiritasi selaput lambung. Baca juga : gejala asam lambung naik.
    • Makanan berlemak. Makanan yang banyak mengandung lemak dapat meningkatkan peradangan pada selaput lambung. Maka hindarilah makanan yang digoreng kering semacam onion ring, ayam goreng tepung, dan seafood goreng tepung. Telur goreng, kentang goreng, keripik kentang, dan kue-kue yang digoreng juga harus dihindari. Hilangkan makanan yang mengandung asam lemak trans dari menu makan Anda. Selain sanggup melukai selaput lambung yang sensitif, makanan ini juga mampu meningkatkan tekanan darah tinggi serta menyebabkan obesitas dan penyakit jantung. Asam lemak trans biasanya terdapat dalam kue-kue, donat, dan biskuit yang dipanggang. Makanan olahan seringkali memiliki asam lemak trans yang lebih tinggi daripada makanan segar. Dan margarin merupakan sumber dari asam lemak trans berkadar tinggi. Baca juga : makanan untuk darah tinggi
    • Susu olahan yang tinggi lemak. Segala jenis makanan yang berasal dari susu yang diolah dan memiliki lemak tinggi juga merupakan pantangan sakit maag dan harus dihindari oleh orang yang memiliki penyakit maag. Contoh produk ini yaitu mentega yang memiliki kadar lemak sangat tinggi sehingga harus Anda jauhi.
    • Cabai. Makanan pedas semacam cabai rawit, mustard, dan saus sambal dapat memperburuk gejala gastritis. Bukan hanya itu, refluks atau kenaikan asam lambung yang disebabkan akibat makan pedas-pedas sanggup menjadi penyebab penyakit maag. Selaput lambung yang sudah rusak akibat sakit maag akan terus ‘memberontak’ bila terkena makanan yang sangat pedas.
    • Cokelat. Cokelat juga merupakan makanan pantangan untuk penyakit maag yang harus Anda hindari. Kandungan kafein dan stimulan lain seperti theobromine yang terdapat pada cokelat dapat memicu naiknya kadar asam di dalam lambung yang berarti tidak baik untuk penyakit maag.
    • Sayur mentah. Pantangan sakit maag yang selanjutnya ialah menghindari konsumsi sayuran mentah, khususnya bagi mereka yang menderita maag kronis. Makanan yang dikonsumsi harusla mudah dicerna. Sayuran yang sudah dimasak dan dipotong kecil-kecil memudahkan tubuh Anda untuk mencernanya sehingga mencegah terjadinya iritasi pada lapisan lambung.
    • Gorengan. Makanan yang dimasak dengan cara digoreng memang sangat nikmat dan guruh. Tapi untuk Anda yang terkena penyakit maag, sebaiknya hindari konsumsi gorengan yang terlalu banyak. Makanan yang digoreng dapat mempengaruhi naiknya gas asam di dalam lambung, oleh karena itu mengonsumsi gorengan dapat memicu rasa nyeri pada kerongkongan dan ulu hati atau disebut heartburn.
    • Buah-buahan yang banyak mengandung gas. Mengonsumsi buah memang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan. Akan tetapi ada jenis buah-buahan tertentu yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita penyakit maag. Buah nanas, nangka, rambutan, durian merupakan contoh dari beberapa jenis buah-buahan yang mengandung gas. Oleh karena itu, Anda sebaiknya jangan mengonsumsi jenis buah ini jika mengalami sakit maag. Kandungan gas pada buah-buahan tersebut dapat memicu naiknya kadar asam dalam lambung sehingga membuat sakit maag kambuh. Inilah mengapa termasuk ke dalam pantangan sakit maag.
    • Produk hasil fermentasi. Beberapa jenis produk hasil fermentasi antara lain yaitu tape dan oncom. Namun untuk tempe dan yoghurt masih aman untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit maag.
      • Kopi. Minuman ini bukanlah minuman yang cocok bagi penderita maag. Kandungan kafein yang dapat memicu gangguan pada lambung. Kurangi minum kopi dan lebih baik perbanyak minum air putih karena sangat bermanfaat untuk kesehatan.
    • Minuman bersoda. Minuman yang mengandung soda juga merupakan pantangan penyakit maag dan bukanlah minuman yang sehat dan pantas dikonsumsi sebagai minuman harian. Sebab minuman soda terbukti berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan dosis tinggi. Jenis minuman berkarbonasi ini akan memicu naiknya kadar asam di dalam lambung. Efek karbonasi juga dapat menyenbabkan gangguan perut seperti perut kembung sehingga Anda merasa tidak nyaman.

Banyak memang … pantangan sakit maag, namun itu lebih baik kita hindari daripada kondisi penyakit maag terus memburuk dan semakin sulit untuk diobati. Beberapa jenis makanan pantangan di atas memang sudah saya buktikan sendiri membuat semakin sakit sehingga membuat saya untuk lebih waspada. Untunglah, setelah sekian lama … akhirnya sebuah obat maag alami menyembuhkan sakit maag saya.

Terkait:
Cara Membuat Obat maag Alami Yang Manjur



Related Post to Pantangan Sakit Maag Yang Wajib Dihindari

hubungan rokok dengan asam lambung dan penyakit maag maag

Hubungan Merusak Antara Rokok Dengan Asam Lambung Dan Maag

Posted at February 25, 2017

Read More

penyebab maag

Penyebab Penyakit Maag Ini Wajib Anda Hindari

Posted at December 20, 2016

Read More

gejala penyakit maag

Ciri Tanda Gejala Penyakit Maag Yang Luput Dari Perhatian

Posted at December 6, 2016

Read More

You might also likeclose
error: Content is protected !!