HOME
Home » Tips » Buah Dan Makanan Terbaik Untuk Penderita Penyakit Maag

Buah Dan Makanan Terbaik Untuk Penderita Penyakit Maag

Posted at June 19th, 2017 | Categorised in Tips

PENTING !
Sebenarnya ada cara mudah untuk mengobati penyakit maag, sayangnya ... banyak orang lebih suka mencob - coba semua tips, dan tidak mau bertanya kepada orang yang memiliki pengalaman sembuh dari penyakit maag.
>>> Klik CARA MENGATASI PENYAKIT MAAG

Makanan untuk penyakit maag secara umum adalah jenis makanan yang tidak membuat peradangan di lambung menjadi reaktif yang pada akhirnya memperburuk kondisi lambung. Makanan yang baik untuk penderita maag tentunya tidak keras, tidak asam, dan anti radang.

Jika makanan lunak pada umumnya dikatakan bubur, namuan bubur seperti apa yang direkomendasikan untuk penderita penyakit maag akan dijelaskan di bawah. Selain itu makanan yang baik untuk penyakit maag bisa didapat dari bahan buah – buahan dan sayur mayur. Dari buah dan sayur ini dikenal mengandung sifat anti radang yang baik untuk maag sehingga dapat membantu penyembuhan penyakit maag.

Berikut ini adalah jenis makanan untuk penyakit maag yang dapat membantu penyembuhan :

  • Protein rendah lemak. Protein membantu tubuh kita untuk memperbaiki sel-sel yang rusak, dan ini sangat diperlukan dalam proses penyembuhan penyakit maag. Anda harus memilih jenis makanan yang mengandung protein dengan kadar lemak yang rendah karena lemak dapat meningkatkan produksi asam lambung, yang menyebabkan iritasi lebih lanjut untuk lapisan lambung Anda. Makanan rendah lemak tinggi protein yang baik untuk penyakit maag adalah : daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, susu rendah lemak dan yogurt rendah lemak.
  • Sayuran berwarna hijau. Bila Anda memiliki gastritis atau penyakit maag, Anda harus mengkonsumsi sayuran berwarna hijau. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Maryland Medical Center, sayuran yang berwarna hijau merupakan sumber vitamin yang baik terutama vitamin A, C, K, asam folat, zat besi, kalsium serta mineral. Vitamin dan mineral penting dalam proses penyembuhan gastritis dan tukak lambung. Jenis bahan makanan berupa sayuran yang baik untuk penderita penyakit maag ini diantaranya adalah brokoli, kubis, kol, asparagus, bayam, sawi, kacang polong dan kacang hijau.
  • Makanan mengandung Flavonoid. Flavonoid adalah antioksidan yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna cerah. University of Maryland Medical Center menyatakan bahwa flavonoid membantu menghambat kerja bakteri Helicobacter pylori. Makan makanan yang kaya akan flavonoid sangat baik untuk penyakit maag, disamping itu juga dapat mencegah tukak lambung. Jenis-jenis makanan yang banyak mengandung flavonoid diantaranya adalah daun seledri, cranberry, apel, blueberry, ceri, labu dan paprika.
  • Makanan yang harus dihindari. Selain mengkonsumsi makanan terbaik untuk penyakit maag, tentunya ada jenis makanan yang harus dihindari yang merupakan makanan pantangan penyakit maag. Makanan dan minuman ini merangsang peningkatan asam lambung harus dihindari jika Anda memiliki penyakit maag. Makanan ini adalah : makanan pedas seperti cabai, lada hitam, kari, buah jeruk, kafein, alkohol, coklat dan teh.

 

MAKANAN LAIN YANG BAIK UNTUK PENYAKIT MAAG

Selain beberapa sumber makanan yang sudah disebutkan di atas, berikut ini adalah jenis makanan lain yang juga baik dan direkomendasikan untuk dikonsumsi penderita maag :

  1. Waluh. Sebagian orang menyebutnya labu kuning. Disamping memberikan rasa kenyang, waluh membantu dalam proses penyembuhan. Cara mengolahnya gampang, cukup dipotong kecil – kecil lalu dikukus. Makan dalam keadaan masih hangat.
  2. Kentang Rebus. Kentang rebus bersifat alkali saat pagi dan dapat menetralisir asam lambung sebelum makan makanan lain. Kentang juga sumber karbohidrat yang memberikan rasa kenyang dalam perut. Bubur kentang, jus kentang dapat membantu mengurangi sakit maag.
  3. Bubur Ayam. Kalu yang ini tentu tidak asing bagi kita. Ini adalah makanan yang baik untuk pendita penyakit maag karena teksturnya yang lembut dan bersahabat dengan lambung.
  4. Buah-buahan. Buah-buahan juga bermanfaat dapat mengurangi penumpukan zat asam lambung. Buah-buahan yang baik untuk penderita maag adalah : pisang, melon, pepaya, dan tomat. Buah – buahan ini mengandung kalium yang baik untuk menyeimbangkan pH (derajat asam) dalam lambung.
  5. Buah Alpukat. Buah ini memiliki kandungan gizi dan serat yang baik untuk kesehatan lambung sehingga baik dan aman untuk penderita penyakit maag. Alpukat adalah buah yang kaya akan vitamin A, Vit B, Vit C, Vit B12, Vit B Kompleks, Vit E dan Vit D. Alpukat memiliki Vit A terbanyak dibandingkan vitamin lainnya.
  6. Buah semangka dan melon. Semangka mengandung citrulline asam amino yang dapat menciptakan amonia untuk menjaga tingkat asam dalam tubuh.
  7. Mentimun. Mentimun dapat mengurangi panas dalam tubuh dan mencegah rasa nyeri serta perut yang melilit karena kelebihan asam di perut. Buah ini menjadi sumber makanan yang juga baik untuk penderita maag.
  8. Madu hitam pahit. Madu pahit menjadi bahan asal hewan yang bisa dipakai sebagai obat maag.

Makanan yang baik untuk penyakit maag memang dapat membantu penyembuhan penyakit maag, namun tidak serta merta menyembuhkan. Untuk mengobati penyakit maag dengan tuntas diperlukan penanganan lebih lanjut. Anda dapat membaca pengalaman saya :  cara mengatasi mengobati penyakit maag



Related Post to Buah Dan Makanan Terbaik Untuk Penderita Penyakit Maag

mempermudah penyembuhan maag

Cara Ini Mempermudah Penyembuhan Penyakit Maag

Posted at April 27, 2017

Sudah bukan hal yang baru lagi jika penyakit maag memang sulit disembuhkan, selain karena sumber penyakitnya ada di lambung yang merupakan... Read More

menu untuk penderita maag

Menu Sarapan Yang Nyaman Untuk Penderita Maag

Posted at April 21, 2017

Buat penderita maag, makan pun rasanya nggak enak juga termasuk sarapan pagi. Karena disamping tidak ada nafsu makan, tidak jarang habis... Read More

cara mengatasi penyakit maag agar tidak kambuh lagi

Cara Mengatasi Penyakit Maag Agar Tidak Kambuh Lagi

Posted at March 18, 2017

Cara mengatasi penyakit maag agar tidak kambuh lagi. Penyakit maag memang jenis penyakit yang tidak sulit diobati dengan tuntas, namun bukan... Read More

olah raga untuk mengatasi sakit maag

Olah Raga Untuk Mengatasi Sakit Maag

Posted at February 23, 2017

Olah raga untuk mengatasi sakit maag. Terserang penyakit maag bukan berarti kita harus menyerah bermalas – malasan, apalagi hanya tidur berbaring.... Read More

jus buah yang aman untuk penderita maag

Jus Buah Yang Aman Untuk Penderita Penyakit Maag

Posted at May 28, 2016

Jus buah yang baik untuk penderita maag. Jika ingat bagaimana rasanya terkena penyakit maag, duuuh tersiksa bukan. Mau makan apapun sepertinya... Read More


You might also likeclose
error: Content is protected !!